Home Tutorial Cara Seting CCTV Infinity supaya bisa diremote dari luar
formats

Cara Seting CCTV Infinity supaya bisa diremote dari luar

Published on July 25, 2015, by in Tutorial.

CCTV Infinity merupakan merk cctv yang sudah terkenal kehandalannya, Walaupun type yang diapakai merupakan kamera analog alias buakn ip cam, akan tetapi kualitas cctv infinity ini tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan kompetitornya.

Saya sebagai staf yang menanganai teknis berjalannya cctv di rsud karawang melakukan reset dan beberapa percobaan agar penggunaan cctv infinity ini bisa dimaksimalkan sesuai spesifikasi perangkat keras. CCTV Infinity ini masih menggunakan DVR karena kamera yang digunkan analog.

Untuk kontrol DVR dari administrator bisa dilakukan dengan mudah saja, karna hanya dengan memberikan ip static pada tiap-tiap DVR, perangkat DVR yang digunakan sebanyak 3 Buah untuk menangani 48 titik kamera cctv, tiap dvr bisa menganagi maksimal 16 kamera cctv.

Nah sekarang bagaimana caranya agar setiap camera cctv rsud bisa diremote oleh administrator dan pihak tertentu yang berkepentingan dari luar jaringan baik di rumah masing-masing ataupun dimana saja dengan m,enggunakan laptop atau perangkat smartphone sendiri ?

Tentunya harus disediakan ip publik yang bisa diakses seantero jagat maya. Kalau kit apunya 3 DVR kita harus punya ip publik dong, supaya masing-masing dvr bisa langsung kita akses dari luar ?

Jawabannya adalah BENAR, mudahnya seperti itu, akan tetapi ada cara lain walaupun kita memeiliki 1 buak ip publik tapi kita bisa melakukan remote terhadap perangkat tertentu sebanyak perangkat yang dibutuhkan, karena contonya disini ip publik rsud sudah digunakan untuk Mail srever dan Web Server rsudkarawang.com

Kita langsung bahas saja secara teknis. Dalam hal ini kita bisa memanfaat port forwarding untuk melakukan proses remote terhadap perangkat tertentu. Untuk CCTV yang menggunakan 3 DVR ini digunakan pot 61, 62, 63. Jadi di browser hanya mengetikan ip bublik dan diakhiri dengan port yang kita tentukan, misalkan seperti ini :

Untuk remote DVR 1 yaitu http://102.253.106.78:61

Untuk remote DVR 2 yaitu http://102.253.106.78:62

Untuk remote DVR 3 yaitu http://102.253.106.78:63

Contonya kita gunakan browser Google Chrome, hasilnya akan seperti ini :

nah sekarang bagaimana cara seting di perangkat DVR dan Port porwarding di routernya ? ….

# bersambung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *