Blog Hosting, Server, Linux, Jaringan Komputer dan Internet 

Home Berita Port 25 Outgoing Mail diblokir Provider
formats

Port 25 Outgoing Mail diblokir Provider

Published on April 20, 2018, by in Berita, Tutorial.

Ini adalah sebuah cerita nyata ..

Dua hari pening dengan urusan server yang memblokir port 25 outgoing, dengan alasan untuk keamanan service mereka. Alhasil .. kita tidak bisa mengirim email, hanya bisa terima saja.

Tapi akhirnya berhasil juga intinya menggunakan SMTP relay mereka. Singkat cerita, begini cara mengganti port 25 dan mengganti dengan SMPT relay provider.

Langkah pertama buka ticket support untuk mendaftarkan ip publik server kita ke server SMTP relay provider.

Tambahkan port relay yang diberikan provider ke firewall ConfigServer Security & Firewall, disini kita menggunakan port 2526, pada menu

Home »Plugins » ConfigServer Security & Firewall » IPv4 Port Settings » TCP_OUT

Tambahkan port relay 2526 ke Service Manager, Allow exim to listen on a port other than 25 pada menu :

Home » Service Configuration » Service Manager

kemudian ceklist Enabled dan Monitor

Masukan ip publik dan port relay SMPT ke Exim Configuration Manager dengan format

* 204.152.207.131::2526

pada menu :

Exim Configuration Manager » Mail » Smarthost support

Restart Mail Server Exim, pada menu :

Home »Restart Services »Mail Server (Exim)

Test kirim email.

Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *